Advertisement

Responsive Advertisement

Tips Memilih SDCard untuk Perangkat Android


Pada perangkat Android yang menggunakan memori eksternal MicroSD terdapat kelas (class) yang tertera pada MicroSD. Class pada MicroSD ini mewakili tingkat kecepatan read and write data. Artinya makin tinggi class, makin tinggi pula kecepatan menulis dan membaca data. Kita bisa menjadikan class pada MicroSD ini sebagai patokan sebelum membelinya.

Untuk melihat Class pada MicroSD, bisa dilihat di bagian cover. Biasanya ada gambar angka kecil di dalam lingkaran hampir penuh. Contoh seperti pada gambar MicroSD dibawah ini :

class micro sd

Tingkat Class Pada MicroSD


Class 2 : Kecepatan Read dan Write +- 2MB per second
Class 4 : Kecepatan Read dan Write +- 4MB per second
Class 6 : Kecepatan Read dan Write +- 6MB per second
Class 10 : Kecepatan Read dan Write +- 10MB per second
catatan : tidak ada class 8

Jika class tidak tercantum pada cover, bisa dilihat pada bungkusnya sebelum membelinya. Jika perangkat Anda menggunakan MMC, tanyakan langsung pada penjualnya berapa kecepatan menulis dan membaca kartu SD.

Untuk cek kecepatan menulis dan membaca kartu SD, bisa menggunakan aplikasi SD Tools (unduh secara gratis di PlayStore). Anda bisa melihat class dan kecepatan pada MicroSD. Anda juga bisa cek kecepatan memori eksternal lainnya, misal MMC.

Penampakan :

hasil sd tools

Simak tips sebelum membeli kartu SD berikut :

1. Cari SD Card bermerk, biasanya yang bermerk itu lebih awet walaupun lebih mahal
2. Cari yang bergaransi dan terjamin mutu kualitasnya
3. Sesuaikan kapasitas penyimpanan dengan kebutuhan Anda
4. Pilihlah MicroSD minimal Class 6

Sebagai referensi saja, MicroSD merk SanDisk versi Ultra 8GB dengan Class 10 harganya cukup murah, yakni 90.000 rupiah. Mungkin bisa lebih murah di daerah Anda.

Jenis Kartu Memori SDCard


Saat ini terdapat 3 jenis kartu memori SD yang beredar yaitu SD, SDHC, dan SDXC. Perbedaan utama dari ketiga jenis memori tersebut terletak pada kapasitas penyimpanan datanya.

a. SD (Secure Digital) penyimpanan data hingga 2GB.
b. SDHC (Secure Digital High Capacity) menampung data hingga 32GB.
c. SDXD (Secure Digital Extended Capacity) menampung data mulai dari 32GB hingga 2TB.

SDHC adalah standar penyimpanan terbaru yang dikembangkan oleh SDCard Association. Standar SDCard menggunakan format file FAT16 yang mendukung kapasitas data hingga 2GB, sedangkan SDHC menggunakan format file FAT32 yang memiliki kapasitas data hingga 32 GB.

Sementara SDXC merupakan generasi selanjutnya dari kartu memori SD. Kartu memori SDXC merupakan perangkat penyimpanan pertama di dunia yang memenuhi spesifikasi baru dari versi SDCard Memory 3.00, dimana kecepatan maksimum untuk menulis data (write) hingga 35MB/s dan kecepatan membaca data (read) hingga 60MB/s.

Post a Comment

0 Comments